123 Mahasiswa UTM Belajar Pengelolaan ke Bali

123 Mahasiswa UTM Belajar Pengelolaan ke Bali

PortalMadura.Com, Bangkalan – Mahasiswa Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (Fisib) Universitas Trunojoyo Madura (UTM), melakukan Studi Banding ke Denpasar Bali, Senin (22/5/2017).

Dekan Fisib UTM, Bangkalan, Amir Hamzah, mengungkapkan, studi banding yang diikuti oleh sekitar 123 mahasiswa itu sebagai ajang pembelajaran pengelolaan wisata khususnya di Madura.

“Pertama ingin studi banding, bagaimana Bali mengembangkan wisatanya berbasis budaya, bagaimana nanti hasil studinya bisa diterapkan di Madura, karena kita juga memiliki potensi wisata,” katanya, pada PortalMadura.Com.

Dikatakan, dalam penelitian yang di gagas oleh UTM, masalah utama kemunduran wisata di Madura, terletak pada pengelolaan potensi wisata, sehingga perlu adanya penelitian yang fokus untuk melakukan pengembangan wisata. Misalnya, paket wisata dengan kebudayaan seperti di Bali, karena menurutnya, ada kesamaan kultur budaya dengan Bali.

“Madura butuh pilihan alternatif untuk mengembangkan wisata dengan basis budaya,” tandasnya.

Sementara, dosen pengampu mata kuliah Psikologi Lintas Budaya, Yuriadi, mengemukakan, studi banding ini sebagi pemacu semangat para mahasiswa untuk mengembangkan wisata yang berbasi budaya, sehingga potensi wisata yang ada di Madura terkelola dengan maksimal seperti di Denpasar Bali.

“Karena budaya itu secara etik memiliki kesamaan, seperti keindahan, keteraturan, dan kenyamanan. Bahkan, wisata itu harus aman bagi pengunjungnya, makanya harus kita carikan jalan keluarnya,” ujarnya.

Rombongan mahasiswa yang di dampingi sejumlah dosen, akan melakukan kunjungan ke beberapa tempat, antara lain, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali dan beberapa tempat obyek wisata di Pulau Dewata Bali.

PortalMadura.Com, juga ikut serta dalam kunjungan wisata tersebut.(Hamid/Har)

Sumber https://portalmadura.com/ada-kemiripan-potensi-wisata-123-mahasiswa-utm-belajar-pengelolaan-ke-bali-88012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *